-->

Pengertian Gugur Gunung Disebut juga Gotong Royong dan Contohnya

Pengertian Gugur Gunung adalah kerja bakti bersama dengan tujuan membantu sesama manusia sebagai makhluk sosial. Gugur Gunung disebut juga gotong royong.

Istilah gugur gunung diadopsi dari bahasa Jawa yang merupakan satu konsep sosial warisan leluhur Nusantara. Luar biasanya indahnya. Kebersamaan, saling membantu, silahturahmi, bahu-membahu, kerja bersama tanpa upah, tanpa pamrih.

Dalam bahasa Jawa, gugur gunung tegese makaryo sesarengan kangge tujuan sosial. Tadi siang, saya ketemu dengan Pak Krisno. Dia bercerita banyak tentang konsep gugur gunung yang masih dianut di desanya.

Contohnya, kerja bakti membangun jembatan darurat bersama, mendirikan rumah bersama,ikut membantu kalau orang punya kerja. Semuanya free, gratis, bebas ongkos alias tidak ada upahnya.

Mereka cukup senang dengan makan dan minum sebagai ganti lelah. Bukan berarti tidak menghargai kerja seseorang. Tapi, gotong royong dalam konteks tertentu akan menciptakan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat.

Saking populernya gugur gunung sebagai konsep sosial yang luar biasa, ada lagu berjudul gugur gunung dalam bentuk campursari yang bisa didownload dalam bentuk mp3 di situs-situs, seperti 4shared.

Nah, bagaimana gugur gunung di tempatmu? Masih adakah tradisi gotong royong kerja sama dalam tujuan yang sama itu berlangsung di kampungmu? Atau bahkan di perumahan, perkotaanmu? Itu konsep sosial warisan leluhur Indonesia yang luar biasa, lho. Jangan ditinggalkan. Berikut contoh foto gugur gunung yang saya ambil dari Wikipedia.

Foto Gugur Gunung Gotong Royong

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel