-->

Pengertian Ma'had Aly dan 13 Ma'had Aly di Indonesia

Pengertian Ma'had Aly adalah sebuah perguruan tinggi berbasis pesantren yang konsen pada studi Islam murni. Menurut Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, status Ma'had Aly setara dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya, seperti Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Universitas Islam Negeri (UIN), dan kampus-kampus lainnya.

Satu Ma'had Aly memiliki satu program studi. Di Kajen, Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, misalnya. Ma'had Aly ini membuka program studi khusus ushul fiqh dan fiqh.

Di Ma'had Aly lainnya, hanya buka satu prodi seperti Al Quran, Hadits, Tasawuf, dan lain sebagainya. Mudahnya begini. Ma'had Aly adalah lembaga pesantren tingkat tinggi yang statusnya disetarakan dengan univesitas atau kampus-kampus lainnya.

Hanya saja, konsennya di bidang studi Islam murni. Mahasiswa yang belajar di Ma'had Aly disebut dengan mahasantri. Dengan begitu, jelas bahwa Ma'had Aly adalah kelanjutan dari pesantren di level tinggi.

Di Indonesia, ada 13 Ma'had Aly yang tersebar di berbagai daerah. Yaitu:

1. Ma’had Aly Saidusshiddiqiyyah adalah Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah Kebon Jeruk  di DKI Jakarta, mengambil program takhasus  atau spesialisasi: Sejarah dan Peradaban Islam dalam bahasa Arabnya: Tarikh Islami wa Tsaqafatuhu.

2. Ma’had Aly Syekh Ibrahim Al Jambi adalah Pondok Pesantren Al As'ad Kota Jambi  di Jambi, mengambil program takhasus “Fiqh dan Ushul Fiqh” (Fiqh wa Ushuluhu);

3. Ma’had Aly Sumatera Thawalib Parabek adalah Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek, Agam di Sumatera Barat, program studi takhasus “Fiqh dan Ushul Fiqh” (Fiqh wa Ushuluhu.

Pengertian Ma'had Aly dan 13 Ma'had Aly di Indonesia4. Ma’had Aly MUDI Mesjid Raya adalah Pondok PesantrenMa'hadul 'Ulum Ad Diniyyah Al Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya, Bireun  di Aceh, mengambil program studi takhasus “Fiqh dan Ushul Fiqh” (Fiqh wa Ushuluhu);

5. Ma’had Aly As'adiyah adalah Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang di Sulawesi Selatan, mengambil program studi takhasus “Tafsir dan Ilmu Tafsir” atau Tafsir wa Ulumuhu.

6. Ma’had Aly Rasyidiyah Khalidiyah adalah Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai berlokasi di Kalimantan Selatan, mengambil program studi takhasus “Aqidah dan Filsafat Islam” (Aqidah wa Falsafatuhu)

7. Ma’had Aly salafiyah Syafi’iyah adalah Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Situbondo terletak di Jawa Timur, mengambil program studi takhasus “Fiqh dan Ushul Fiqh” (Fiqh wa Ushuluhu)

8. Ma’had Aly Hasyim Al-Asy'ary adalah Pondok PesantrenTebuireng Jombang berada di Jawa Timur, ambil program studi takhasus “Hadits dan Ilmu Hadits” (Hadits wa Ulumuhu)

9. Ma’had Aly At-Tarmasi adalah Pondok Pesantren Tremas berlokasi di Jawa Timur), di mana program takhasusnya adalah “Fiqh dan Ushul Fiqh” (Fiqh wa Ushuluhu)

10. Ma’had Aly Pesantren Maslakul Huda fi Ushul al-Fiqh merupakan Pondok Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati terletak di Jawa Tengah dengan program studi takhasus “Fiqh dan Ushul Fiqh” (Fiqh wa Ushuluhu)

11. Ma’had Aly PP Iqna ath-Thalibin adalah Pondok Pesantren Al Anwar Sarang Rembang berada di Jawa Tengah, program takhasusnya adalah “Tasawwuf dan Tarekat” (Tashawwuf wa Thariqatuhu)

12. Ma’had Aly Al Hikamussalafiyah, Pondok Pesantren Madrasah Hikamussalafiyah (MHS) Cirebon di Jawa Barat, dengan program takhasusnya adalah “Fiqh dan Ushul Fiqh” (Fiqh wa Ushuluhu)

13, Ma’had Aly Miftahul Huda, Pondok PesantrenManonjaya Ciamis di Jawa Barat, dengan program takhasusnya adalah “Aqidah dan FIlsafat Islam” atau Aqidah wa Falsafatuhu)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel