-->

Brahmastra, Senjata Nuklir Pemusnah Massal dalam Kisah Mahabharata

Brahmastra, Senjata Nuklir Pemusnah Massal dalam Kisah Mahabharata
Ilustrasi penggunaan senjata Brahmastra dengan ledakan mirip nuklir. Foto: artstation.com

Brahmastra adalah senjata mematikan yang diciptakan Dewa Brahma untuk menegakkan keadilan, kebenaran, dan dharma. Brahmastra bukan berbentuk senjata nyata, tetapi dipanggil oleh ksatria atau seseorang menggunakan mantra atau doa.

Pengertian Brahmastra sendiri memiliki berbagai macam pendapat. Namun, yang tepat, Brahmastra bisa digambarkan sebagai senjata (bisa berwujud apapun sesuai keinginan pemanggil), setelah dipanggil melalui mantra atau doa.

Brahmastra memiliki kekuatan mematikan setara dengan nuklir pada zaman sekarang. Senjata ini memiliki hulu ledak yang mengerikan, bahkan bisa memusnahkan bumi. Karena itu, Brahmastra bisa dikatakan sebagai senjata nuklir pemusnah massal dalam ilmu pengetahuan modern.

Dalam kisah Mahabharata, ksatria yang memiliki kemampuan memanggil Brahmastra tidak banyak. Salah satunya, Aswatara (putra Guru Durna), Bhisma (kakek ksatria Pandawa dan Kurawa), Parasurama (guru Bhisma), Karna (Raja Angga, kakak tertura Pandawa dari ayah Bhatara Surya), dan Arjuna.

Dalam kisah Ramayana, ksatria yang bisa menggunakan senjata ini adalah Indrajit dan Shri Rama. Kenapa saya akhirnya menulis artikel tentang pengertian Brahmastra? Ya, ada pembaca setia Lispedia yang ingin saya menulis senjata nuklir ini, setelah saya menulis senjata milik arjuna Gandewa. Ini dia artikel sebelumnya yang saya tulis:

Mengenal Busur Gandewa, Senjata Roket Api Tanpa Habis Milik Arjuna

Pertarungan paling menakutkan terjadi ketika Aswatama dan Arjuna sama-sama akan menggunakan Brahmastra dalam perang yang menjadi babak penentuan kemenangan Pandawa atau Kurawa. Itu terjadi di Medan Kurukshetra di mana para dewa turun dan cemas kedua nuklir yang akan saling dilepas itu menghancurkan bumi.

Atas saran Krishna, Arjuna membatalkan senjata itu. Namun, Aswatama tidak bisa mencabut Brahmastra dan akhirnya diarahkan ke kandungan istri-istri pada Pandawa. Dalam teknologi modern, radiasi nuklir juga bisa mematikan janin. Hal itu juga terjadi pada radiasi Brahmastra.

Dari cerita dan kisah dari berbagai kitab, dampak dari penggunaan senjata Brahmastra tidak hanya bersifat mematikan, tetapi juga menyebabkan tanah tandus, kering, menyebabkan curah hujan menurun, tanah retak gersang berantakan, sama seperti ketika nuklir diledakkan di suatu tempat.

Negara-negara yang memiliki senjata Brahmastra
Jika Brahmastra memiliki hulu ledak hingga menyebabkan kerusakan parah sama seperti nuklir, berikut daftar negara-negara modern yang memiliki teknologi Bharmastra, yaitu nuklir.

1. Amerika Serikat
2. Rusia (dulu Uni Soviet)
3. Britania Raya (Inggris Raya)
4. Perancis
5. Republik Rakyat Tiongkok (China)
6. Bosnia dan Herzegovina
7. Libya
8. Korea Utara
9. Israel
10. Iran (diduga nuklir rahasia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel